Tuesday, January 28, 2020

Sistem komputer

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat 
lunakdan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Sejarah perkembangan sistem komputeradalah sejarah yang terkait dengan perkembangan sistem operasi, dimana dapat dikelompokan menjadi lima kurun waktu (generasi).[1]

Generasi Pertama(1945-1955)
Generasi ini merupakan awal pengembangan sistem komputasi elektronik, mengganti gagasan-gagasan mesin komputasi mekanis.[1] Manusia memerlukan perangkatkomputasi untuk mengatasi keterbatasannya dalam melakukan komputasi.[1] Manusia mempunyai keterbatasan dalam komputasi, yaitu:
  • Kecepatan penghitung manusia terbatas.[1]
  • Manusia sangat mudah membuat kesalahan.[1]
Upaya manusia untuk meningkatkan kemampuan komputasinya telah dimulai sejak awal peradaban manusia.[1] Mulai dari merekam dengan tumpukan batu, potongan batang, sempoa, serta cara-cara mekanis seperti mesin hitung buatan Blaise Pascal.[1]Sebelum penciptaan komputer elektronik, manusia telah berusaha membuat komputer mekanis yaitu komputer yang memanfaatkan gerak dari benda-benda masif, tidak sampai level elektron serta tidak memanfaatkan listriksebagai pembangkitnya.[1] Komputer mekanis ini mempunyai banyak keterbatasan yang menyebabkan kegagalan.[1] Komputer mekanis mempunyai dua penyebab kelemahan, yaitu:
  • Kecepatan komputasi dibatasi inersia bagian-bagian yang bergerak.[1]
  • Transmisi informasi alat-alat mekanis tidak praktis, susah dipakai serta tidak andal.[1]
Pada generasi pertama ini belum ada sistem operasi. Sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.[1

Generasi Kedua(1955-1965)

Komputer generasi kedua ini merupakan batch processing system.[1]
  • Batch Processing System
Tugas-tugas dikumpulkan di dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan.[2] Pada generasi ini, tugas-tugas adalah program-program yang harus dikerjakan oleh komputer.[2] program-program itu dituliskan di tape.[2]
Pada awal generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, namun beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada misalnya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan perangkat keras merupakan bagian fungsi dari sistem operasi modern.[1] Pada tahun 1964, IBM mengeluarkan komputer keluargaSystem/360.[3] Komputer S/360 dirancang agar kompatibel secara perangkat keras yang merupakan bagian dari sistem operasi OS/360.[3] System 360 berevolusi menjadiSystem 370.[3]

Generasi ketiga (1964-1970)Sunting









Perkembangan berlanjut, sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai interaktif sekaligus.[3] Pemakai-pemakai interaktif berkomunikasi dengan komputer lewat terminal secara online (yang dihubungkan secara langsung) kesatu komputer.[3] Sistem komputer menjadi:
  1. Multiuser, yaitu sekaligus digunakan banyak orang.[3]
  2. Multiprogramming, yaitu sekaligus melayani bayak program.
  • Multiuser
Dengan adanya kemampuan multiuser, membuat para pemakai yang berinteraksi langsung dengan komputer dapat sekaligus banyak dalam menggunakan komputer.[1]Tetapi disatu sisi komputer harus menanggapi permintaan-permintaan pemakai secara cepat atau akan menyebabkan produktivitas pemakai menurun.[1] Untuk kebutuhan itu dikembangkan timesharing.[1]
  • Multiprogramming
Multiprogramming berarti komputer melayani banyak tugas atau proses (program yang dijalankan) sekaligus pada satu waktu.[4]Teknik Multiprogramming meningkatkan utilisasi pemroses dengan mengorganisasikan semua tugas, dalam hal ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus dieksekusi.[4] Teknik ini meningkatkan efisiensi pemroses.[4] Teknik multiprogramming dilakukan dengan mempartisi memori menjadi beberapa bagian.[4] Satu bagian memori berisi satu tugas berbeda.[4] Sistem operasi menyimpan beberapa tugas di memori secara simultan.[4]Saat satu tugas menunggu operasi masukkan atau keluaran diselesaikan, tugas lain menggunakan pemroses.[4] Teknik ini memerlukan perangkat keras khusus untuk mencegah satu tugas menggangu tugas lain.[4]
  • Timesharing
Timesharing merupakan varian dari multiprogramming, yakni tiap pemakai satu terminal online.[2] Pemroses hanya memberi layanan pada pemakai-pemakai aktif dengan bergantian secara cepat.[2] Pemakai-pemakai itu akan merasa dilayani secara terus-menerus, padahal sebenarnya digilir satu per satuan waktu yang singkat.[2] Efek ini biasa disebut pseudoparallelism, yaitu efek seolah-olah terdapat banyak komputer paralel yang melayani banyak pemakai.[2] Karena sumber daya lambat yang digunakan bersama sering menimbulkan bottleneck, maka dikembangkan teknik Spooling.[2]
  • Spooling
Teknik Spooling adalah membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus pada saat yang sama, dapat diakses secara simultan.[2] Teknik ini dilakukan dengan cara menyediakan beberapa partisi memori.[2] Saat terdapat permintaan layanan peripheral, permintaan langsung diterima dan data untuk layanan itu lebih dulu disimpan di memori yang disediakan.[2] Kemudian layanan-layanan untuk permintaan-permintaan yang diantrikan dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.[2]

Generasi Keempat(1980-2000AN)Sunting








Pada generasi keempat ini, sistem operasi tidak lagi hanya diperutukan untuk satu mode pengolahan, tetapi telah ditujukan untuk banyak mode pengolahan, misalnya mendukung batch processing, timesharing, networking dan (soft) realtime applications sekaligus.[1] Hanya hard real-time applications sulit disatukan dengan mode-mode pengolahan yang lainnya karena beresiko tinggi.[1] Pada generasi ini, kenyamanan mengoperasikan sistem komputer juga dinilai penting.[1] Komputer yang makin ampuh telah sanggup memberi antar muka grafis yang nyaman.[5] Komputer desktop dinyamankan dengan GUI (Graphical User Interface).[1] GUI ini dimulai X Windows System hasil penelitian di MIT, kemudian MacintoshSun View, disusul Microsoft Windows.[1]
Generasi keempat ini ditandai berkembang dan meningkatnya kemampuan komputer desktop (komputer pribadi) dan teknologi jaringan.[1] Jaringan TCP atau IP telah mulai digunakan secara luas oleh kalangan militer, peneliti, peguruan tinggi dan masyarakat secara umum.[1]

Generasi Kelima (2000AN -??)Sunting

Awal munculnya komputer-komputer modern dengan Spesifikasi yang lebih tinggi.

Pengertian Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer adalah sebuah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Dengan pengertian lain Arsitektur Komputer yaitu suatu ilmu dan seni tentang tata cara interkoneksi diantara berbagai jenis komponen perangkat keras atau hardware supaya dapat melahirkan suatu komputer melengkapi keperluan fungsional, kinerja dan juga target keuangannya.
Dalam hal bidang teknik komputer, arsitektur komputer memiliki arti suatu ilmu yang bertujuan untuk merancang sebuah sistem komputer. Arsitektur von Neumann atau mesin von Neumann adalah arsitektur yang dibuat oleh John Von Neumann “1903-1957”, hampir semua komputer saat ini memakai arsitektur von Neumann.
Di arsitektur ini digambarkan bahwa komputer dengna empat bagian utama yaitu: unit artimatika dan logis (ALu), Unit kontrol, memori, alat masukan dan hasil” yang disebut dengan I/O, selanjutnya bagian-bagian tersebut terhubung oleh rangkaian kawat “bus”
Sub-Kategori Arsitektur Komputer
Ada beberapa sub-kategori dalam arsitektur komputer, diantaranya yaitu:
  • Set intruksi “ISA”
  • Arsitektur mikro dari ISA
  • Sistem desain dari semua komponen dalam perangkat keras “hardware” komputer ini.
Arsitektur Komputer Adalah Desain Komputer
Adapun arsitektur komputer adalah desain komputer yang mencakup:
  • Set intruksi
  • Komponen perangkat keras atau hardware
  • Susunan sistem

Jenis-Jenis Arsitektur Komputer

Adapun jenis-jenis arsitektur komputer adalah:
  1. Komputer SISD
  2. Komputer SIMD
  3. Komputer MISD
  4. Komputer MIMD

Klasifikasi Arsitektur Komputer

Mesin Von Neumann

Kriteria Mesin Von Neumann
1.Memiliki subsistem hardware dasar yakni sebuah CPU, sebuah memori dan juga sebuah I/O sistem
2.Adalah stored-program computer
3.Mengoperasikan instruksi dengan cara berurutan
4.Memiliki jalur (path) bus antara memori dan CPU
Menurut Flyyn di tahun 1966, mengklasifikasikan arsitektur komputer dari sifatnya adalah:
  1. Jumlah prosesor
  2. Jumlah program yang bisa dioperasikan
  3. Struktru memori
Terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh keberhasilan arsitektur komputer, antara lain:
  • Manfaat Arsitektural
  • Kinerja sistem
  • Biaya sistem
Terdapat empat ukuran pokok yang menjadi penentu keberhasilan arsitektur, yakni manfaat arsitekturalnya yakni:
  • Aplicability
  • Maleability
  • Expandibility
  • Comptible

Bagian Pokok Arsitektur Komputer

Ada dua bagian pokok pada arsitektur komputer, yakni:
  • Instructure Set Arhitecture adalah spesifikasi yang menjadi penentu bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi terhadap komputer
  • Hardware System Architecture adalah subsistem perangkat keras dasar yaitu: CPU, memori dan OS.

Cara-Cara Membuat Transformasi Di Arsitektur Komputer

Ada beberapa cara membuat transformasi di arsitektur yakni:
  • Merancang array prosesor
  • Mengaplikasikan proses pipelining
  • Membuat komputer dengan multiprosesor
  • Membuat komputer dengan arsitektur yang lain
Atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas dari Arsitektur Komputer
Terdapat atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas dari arsitektur komputer adalah:
  • Generalitas
  • Applicability atau daya serap
  • Efisiensi
  • Mudahnya dalam pemakaian
  • Maleability atau daya tempa
  • Expandibility atau daya kembang Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Arsitektur Komputer
  • Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer, antara lain:
    Manfaat Arsitektur
    • Aplicability
    • Meability
    • Expandibility
    • Compatible
    Kinerja Sistem
    Yang dimaksud suatu pengukur kinerja sistem adanya serangkaian program standar yang dijalankan dan juga bisa disebut dengan Benchmark di komputer yang akan di uji ukuran kinerja CPU.
    • Million Instruction PerSecond (MIPS)
    • Million Floating Point PerSecond (MFLOP)
    • VAX Unit of Performance (VUP)
    Ukuran Kinerja I/O Sistem:
    • Sistem operasi bandwith
    • Operasi I/O perdetik
    Ukuran Kinerja Memori:
    • Memori Bandwith
    • Waktu Akses Memori
    • Ukuran Memori
    Biaya Sistem
    Terdapat biaya sistem yaitu biaya yang dapat diukur dalam banyak cara, yakni:
    • Reabilitas
    • Mudah diperbaiki
    • Penggunaan daya
    • Berat
    • Kekebalan
    • Interface sistem software.
  • Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Arsitektur Komputer

    Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer, antara lain:
    Manfaat Arsitektur
    • Aplicability
    • Meability
    • Expandibility
    • Compatible
    Kinerja Sistem
    Yang dimaksud suatu pengukur kinerja sistem adanya serangkaian program standar yang dijalankan dan juga bisa disebut dengan Benchmark di komputer yang akan di uji ukuran kinerja CPU.
    • Million Instruction PerSecond (MIPS)
    • Million Floating Point PerSecond (MFLOP)
    • VAX Unit of Performance (VUP)
    Ukuran Kinerja I/O Sistem:
    • Sistem operasi bandwith
    • Operasi I/O perdetik
    Ukuran Kinerja Memori:
    • Memori Bandwith
    • Waktu Akses Memori
    • Ukuran Memori
    Biaya Sistem
    Terdapat biaya sistem yaitu biaya yang dapat diukur dalam banyak cara, yakni:
    • Reabilitas
    • Mudah diperbaiki
    • Penggunaan daya
    • Berat
    • Kekebalan
    • Interface sistem software



No comments:

Post a Comment

Sistem komputer Sistem komputer  adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari  perangkat  lunak dan  perangkat keras  yang mela...